AUDIT TSI (TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI) PADA LINGKUNGAN PERSONAL INFORMATION SYSTEM


A.      Objek Garapan

Personal Information System merupakan sistem yang memungkinkan seseorang mengumpulkan, mengatur, menyimpan, dan mengambil gagasan dan informasi yang berguna bagi individu. Personal information system mendukung terlaksananya fungsi Human Resoursces yang lain, bertanggung jawab terhadap employee Database, Payroll dan pembayaran benefit lainnya, pinjaman karyawan, absensi, dan pencatatan cuti tahunan.

Personal information system dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari single user. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas individu. Contoh dari personal information system adalah Microsoft’s Office Professional, IBM’s Lotus SmartSuite, Corel’s PerfectOffice, dll. PIS merupakan sistem informasi berbasis web yang memberikan informasi kepada individu. Ada 4 macam informasi yang dimaksud :

1.    Informasi pribadi seperti data riwayat medis dan performa tubuh individu di saat ini (denyut jantung, tekanan darah, keadaan paru-paru,dll).
2.     Informasi terkait preferensi seperti jenis buku favorit, jenis musik favorit, dan jenis makanan favorit.
3.    Informasi terkait kenyamanan seperti history pemakaian pakaian, kecocokan pakaian yang kita pakai dengan acara yang akan dihadiri. Selain itu, PIS juga menyediakan informasi tentang cuaca hari ini di tempat tertentu.
4.    Informasi terkait keselamatan seperti apakah tempat wisata yang akan kita kunjungi termasuk tempat yang kena travel warning, history bencana alam di suatu tempat, dan pemberitahuan jika terjadi bencana alam di tempat yang kita sedang kunjungi.

Layanan/Instrument yang diberikan kepada indivu oleh PIS adalah sbb:

1.       Personal Health Service (PHS).
PHS menyediakan data riwayat medis dari Individu. PHS sangat penting bagi individu karena bisa membantu menentukan apakah jenis olahraga yang dilakukan cocok dengan riwayat medis. Selain itu, PHS juga membantu individu memutuskan apakah makanan yang akan dibeli di sebuah supermarket bermanfaat bagi tubuh atau tidak. PHS adalah layanan yang disediakan oleh Sistem Informasi Departemen Kesehatan. Untuk menggunakannya, PIS harus mengakses Application Programming Interface (API) yang disediakan oleh Sistem Informasi Departemen Kesehatan.


2.       Current Body Performance Service (CBPS).

CBPS memberitahukan kepada individu performa dari tubuhnya saat ini. CBPS penting bagi individu, karena bisa membantu individu mengetahui kondisi terkini dari tubuhnya mulai dari tingkat stress, tekanan darah, denyut jantung, kondisi pernafasan, jantung sampai paru-parunya ketika sedang beraktivitas. Dengan mengetahui kondisi terkini dari tubuhnya, individu bisa memastikan apakah dia fit atau tidak ketika akan memulai sesuatu aktivitas.

CBPS adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan ROLEX. Perusahaan ROLEX membuat jam tangan khusus yang memiliki fitur bisa mengirimkan ke Web Application Server ROLEX kondisi tubuh terkini dari individu. Web Application Server Rolex akan mengolah data tersebut dan menghasilkan informasi. Informasi itu akan diagregasikan ke dalam sebuah mashup. Nah, mashup itulah yang diambil dan ditampilkan oleh PIS kepada individu.


3.       Personal Preference Service (PPS).

PPS memberitahukan kepada individu apa saja produk-produk yang disukainya. PPS penting bagi individu, karena memudahkan individu untuk mengetahui produk yang disukai dari sebuah toko buku / toko musik / tempat perbelanjaan. PPS juga memberitahukan kepada individu produk apa saja yang sudah pernah dibeli di suatu toko buku / toko musik. Dengan demikian, individu akan terhindar dari membeli produk yang sama tapi dikemas berbeda.

PPS adalah layanan yang disediakan oleh e-commerce konsorsium pedagang retail. Setiap transaksi yang dilakukan oleh individu direkam oleh e-commerce ini untuk diolah menjadi personal preference information. Selanjutnya e-commerce mengemas personal preference information ke dalam PPS. Untuk bisa menggunakan PPS ini, maka PIS mengakses API yang disediakan oleh e-commerce konsorsium pedagang retail.


4.       Personal Comfortable Service (PCS).

PCS memberitahukan kepada individu history dari pakaian yang ada di lemari. Selain itu, PCS juga memberikan informasi cuaca di tempat individu berada pada saat ini. PCS penting bagi individu, karena bisa membantu individu memutuskan pakaian apa saja yang cocok dikenakan di acara tertentu. PCS juga akan mengingatkan individu untuk mengganti pilihan pakaian jika audiens dari acara yang akan dihadirinya pernah melihat pakaian tersebut. Selain itu PCS juga memberikan saran apa yang harus dipersiapkan individu menghadapi cuaca hari ini.
PCS adalah agregator dari 2 layanan yaitu :
1)      Wardrobe Intelligent Service (WIS) dan
2)      Weather Forecast Service (WFS).

WIS disediakan oleh Wardrobe Intelligent System. Setiap kali individu menggantung pakaian / meletakkan pakaian ke intelligent wardrobe (lemari pakaian pintar), maka Wardrobe Intelligent System akan mencatat informasi detail dari pakaian tersebut. Begitu juga ketika individu mengambil pakaian tertentu dari intelligent wardrobe, maka Wardrobe Intelligent System akan mengemas statistik pemakaian tersebut ke dalam WIS untuk digunakan oleh PIS.

WFS merupakan layanan yang disediakan oleh Sistem Informasi Pemantau Cuaca Badan Klimatologi, Meteorologi dan Geofisika (BKMG). PIS memperoleh WFS dengan mengakses API yang disediakan oleh Sistem Informasi Pemantau Cuaca BKMG.


5.       Personal Safety Service (PSS).


PSS memberitahukan kepada individu status dan informasi detail mengenai keamanan dari suatu tempat. PSS penting bagi individu karena bisa membantu individu untuk memutuskan apakah suatu tempat aman dikunjungi atau tidak. Bila terjadi bencana alam di tempat yang sedang dikunjungi individu, PSS juga akan memberitahukan hal tsb langsung kepada individu. PSS adalah agregator dari dua layanan yaitu : National Safety Service (NSS) dan Real-Time Disaster Tracking System (RDTS). PIS menggunakan NSS dengan mengakses API yang disediakan oleh National Safety Department Information System. Sedangkan PIS menggunakan RDTS dengan mengakses API yang disediakan oleh Real-Time Disaster Tracking Committee Information System.


B.  Metode atau Cara pengerjaan

·         Objek Audit :
 Audit Teknologi Sistem Informasi di Lingkungan Usaha warung internet D – Net.

       D - Net merupakan sebuah usaha warung internet (warnet) yang bergerak dibidang teknologi informasi, tujuan dan sasaran utamanya adalah menyediakan fasilitas kepada warga sekitar untuk dapat menikmati berbagai akses internet, gaming, printing serta scanning.
           
·         Menyusun Instrument Audit

1.      Sistem Informasi
2.      Firewall
3.      Jaringan
4.      Auditing Penyimpanan

·         Melakukan Audit

1.       Sistem Operasi

Sistem Operasi yang digunakan pada PC (Personal Computer) kami adalah Windows 10. Untuk keterangan lebihnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Sistem operasi : windows 8.1 64-bit
Processor : AMD A10-5750M APU
Ram               : 4 GB
Untuk gambar dibawah ini menjelaskan tampilan display yang digunakan menggunakan TechPowerUp.

1.       Firewall
Pengertian Firewall yang dimaksudkan diatas adalah  sistem atau perangkat yang memberi otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan melakukan pencegahan terhadapa jaringan yang dianggap tidak aman. Fire-wall dapat berupa perangkat lunak (program komputer atau aplikasi) atau perangkat keras (peralatan khusus untuk menjalankan program fire-wall) perangkat yang menyaring lalu lintas jaringan antara jaringan. Perlindungan Firewall diperlukan untuk komputasi perangkat seperti komputer yang diaktifkan dengan koneksi Internet. Meningkatkan tingkat keamanan jaringan komputer dengan memberikan informasi rinci tentang pola-pola lalu lintas jaringan. Perangkat ini penting dan sangat diperlukan karena bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaring komputer internal dan jaringan komputer eksternal.



Contoh ketika dihubungkan dengan situs yang tidak aman


1.       Jaringan
Jaringan internet menggunakan provider indiehome.



1.       Auditing Penyimpanan
Hardisk ini sebesar 1 Tera dibagi menjadi 3 partisi. Terdapat system reserved yaitu partisi yang digunakan khusus windows atau khusus berjalannya sistem operasi dalam sebuah komputer. Untuk partisi C berfungsi sebagai ruang penyimpanan program-program aplikasi dan untuk partisi D berfungsi sebagai ruang penyimpanan data-data lainnya seperti music, foto, video dan lain-lain.



·         Membuat Rekomendasi Hasil Audit

Pelaksanaan Audit TSI pada Lingkungan Workgroup/Enterprise Information System

1.       Nama Usaha / Cabang :
       Jawaban: D – Net.

2.       Profil Usaha (jelasin secara singkat) :
     Jawaban: D - Net merupakan sebuah usaha warung internet (warnet) yang bergerak dibidang teknologi informasi, tujuan dan sasaran utamanya adalah menyediakan fasilitas kepada warga sekitar untuk dapat menikmati berbagai akses internet, gaming, printing serta scanning.

Pertanyaan Bidang Sistem Operasi

1.     Sistem operasi apa yang digunakan pada komputer di warnet tersebut? (32 / 64 bit).
Jawaban: Windows 7 32bit

2.   Jika sistem operasi yang digunakan bukan opensource apakah pemilik usaha memiliki lisensi pada seluruh sistem operasi yang digunakan pada komputer warnet?
Jawaban: Tidak.

3.    Apakah dalam operasi kerja warnet, sistem operasi yang digunakan memiliki masalah atau kendala terhadap paket software (apps) yang telah digunakan? Jika Ya, jelaskan kendala yang dialami.
Jawaban: Tidak.

4.   Apakah pada sistem operasi yang digunakan dilengkapi oleh perangkat lunak anti-virus (Windows Defender tidak termasuk)? (Mohon disebutkan).
Jawaban: Ya, Smadav dan Avira.

5.    Apakah ada kendala pada user atau karyawan yang menggunakan sistem operasi yang diterapkan oleh warnet? Jika Ya, jelaskan kendala yang dialami.
    Jawaban: Ya, jika mengaktifkan Windows Update akan terkena blacklist sehingga komputer tidak dapat digunakan secara maksimal.

Pertanyaan Bidang Penyimpanan

1.   Pada warnet, jenis penyimpanan apa yang biasa digunakan pada masing-masing komputer? (Misal: harddisk ekternal, harddisk internal, dll..)
      Jawaban: Harddisk internal.

2.       Pada masing-masing komputer, berapa kapasitas penyimpanan yang dimiliki?
       Jawaban: 500 GB.

3. Apakah dalam jam-jam operasional kerja, memiliki masalah atau kendala terhadap media penyimpanan yang digunakan oleh masing-masing komputer? Jika Ya, jelaskan kendala atau masalah yang dialami.
      Jawaban: Tidak.

Pertanyaan Bidang Jaringan

1.       Pada warnet, model jaringan apa yang digunakan? LAN, MAN, atau WAN?
       Jawaban: VLAN dan LAN.

2.       Pada bagian jaringan, sistem topologi apa yang digunakan? (Misal: Bus, Ring, Star, etc..)
       Jawaban: Tidak ada.

3.  Apakah pada perusahaan rutin dilakukan maintenance pada bagian jaringan? Jika Ya, bagaiaman penjadwalannya? (Misal: 1 Bulan Sekali, 1 Minggu Sekai, etc..)
      Jawaban: Ya, sebulan sekali.

4.  Apakah pada sistem jaringan yang diterapkan pada warnet memiliki kendala? Jika Ya, jelaskan kendala atau masalah yang dialami.
      Jawaban: Tidak.

5.   Apakah warnet memiliki karyawan teknisi pada bagian jaringan, atau menggunakan jasa pihak ketiga? 
      Jawaban: Ya, punya teknisi sendiri.

Pertanyaan Bidang Aplikasi

1.       Pada operasional warnet, jenis aplikasi apa yang digunakan? (Misal: Microsoft Office, Adobe, etc..)
       Jawaban: Microsoft Office, Web Browser, Game Online dan Adobe.

2.   Apakah dalam operasional kerja, dilakukan rutinitas maintenance pada aplikasi? Jika Ya, bagaimana penjadwalannya? (Misal: 1 Bulan Sekali, 1 Tahun Sekali, etc..)
      Jawaban: Ya, 1 minggu sekali.

3.    Apakah memiliki kendala atau masalah terhadap aplikasi yang digunakan? Jika Ya, jelaskan kendala atau masalah yang dialami.
      Jawaban: Tidak.

4.      Apakah warnet memiliki lisensi pada setiap aplikasi?
      Jawaban: Tidak.


C. Deskripsi Luaran Tugas yang Dilakukan

KESIMPULAN

D - Net merupakan sebuah usaha warung internet (warnet) yang bergerak dibidang teknologi informasi, tujuan utama adalah menyediakan fasilitas kepada warga untuk dapat menikmati berbagai akses internet, gaming, printing serta scanning. Berikut adalah kesimpulan dari audit yang kelompok kami lakukan:

1)      Sistem Operasi
Sistem operasi yang digunakan pada komputer warnet D – Net adalah Windows 7 32 Bit dan menggunakan 2 anti-virus yaitu Smadav dan Avira. Pada saat update rutin windows tentunya sangat merepotkan jika harus menon-aktifkan proses update untuk menghindari blacklist. Saran kami adalah untuk segera membeli lisensi Windows agar tidak terkena blacklist.

2)      Penyimpanan
Media penyimpanan yang digunakan pada warnet D - Net adalah harddisk internal dengan kapasitas penyimpanan maksimal 500 GB. Seiring berkembangnya aplikasi dan teknologi tentunya akan semakin meningkatnya kebutuhan dan resource penyimpanan aplikasi. Saran kami adalah meningkatkan kapasitas harddisk internal pada masing-masing komputer sebesar 1 TB dan menyediakan satu harddisk eksternal untuk backup aplikasi.

3)      Jaringan
Sistem jaringan yang digunakan pada warnet D - Net adalah VLAN dan LAN. Biasanya VLAN digunakan untuk jaringan RT/RW Net dan LAN digunakan untuk jaringan client di warnet. Biasanya maintenance dilakukan sebulan sekali dan dilakukan oleh karyawannya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga. Saran kami adalah kabel-kabel pada lingkungan client segera dirapikan agar tidak mengganggu kenyamanan client.

4)      Aplikasi
Aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Office, Web Browser, Game Online dan Adobe. Rutinitas maintenance dilakukan seminggu sekali berdasarkan kebijakan pada masing-masing perusahaan penyedia aplikasi. Saran kami adalah untuk meningkatkan dan menambah aplikasi yang biasanya banyak digunakan oleh client.



DAFTAR PUSTAKA

Davis, Chris. 2011. IT Auditing : Using Controls to Protect Information Assets. United States : The McGraw-Hill Companies.

Komentar

  1. Online Betting - What is the Best Baccarat Site and How to Choose
    Online betting 바카라 is one of 샌즈카지노 the fastest growing online betting sites 카지노 in the world. Our team of experts provide you with an on-course experience to

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASPEK-ASPEK AUDIT SISTEM INFORMASI