ANIMASI
Kata animasi berasal dari kata
animation yang berasal dari kata to anime yang artinya menghidupkan. Secara
umum animasi adalah kegiatan menghidupkan, menggerakkan, benda mati dengan
memberikan dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau
berkesan hidup. Sedangkan menurut wikipedia animasi ialah paparan pantas
susunan image-image seni 2D atau posisi model agar menghasilkan ilusi gerakan.
animasi merupakan sejenis ilusi optik pergerakan disebabkan kejadian penerusan
penglihatan, dan boleh dihasilkan dan didemonstrasi dalam sebagai cara.
sebenarnya sejak jaman dulu, manusia
telah mencoba menganimasi gerak gambar binatang mereka, seperti celeng, bison,
atau kuda, digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang yang berbeda
dan bertumpuk (Hallas and Manvell 1973). Orang Mesir kuno menghidupkan gambar
mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul, sebagai
dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope
sekitar abad ke 19 di Eropa, berupa lembaran cakram karton tebal, bergambar
burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri kanannya diikat seutas tali, bila
dipilin dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak
(Laybourne 1978).
Perkembangan animasi semenjak munculnya perkembangan
pertelevisian yang pada awalnya animasi berbasis 2 dimensi dengan
software-software pendukung yaitu Macromedia Flash, GIF Animation, dan Corel
Rave, dengan dibuatnya film-film kartun sebagai implementasinya. Pembuatan
animasi 2 dimensi menggunakan sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu.
Sehingga hanya perlu menganimasikan objek antar keyframe tanpa harus membuat
animasi frame demi frame seperti dalam pembuatan animasi gambar demi gambar
pada pembuatan film kartun konvensional sedangkan frame-frame antar keyframe
tersebut akan diterjemahkan sendiri oleh computer menjadi sebuah gerakan yang
diinginkan oleh animator (pembuatnya).
Seiring berjalannya waktu, sekarang perkembangan dunia
animasi sudah diciptakan animasi berbasis 3 dimensi ( 3D Animation) yang
mempunyai ukuran panjang,lebar,dan tinggi ( Z-axis) maka objek dan
pergerakkannya hampir mendekati kenyataan aslinya. Hanya saja objek tersebut
dibuat dunia maya (Virtual reality). 3D ini juga dilengkapi dengan software
pendukungnya seperti MAX Studio, Alias Wave Front AMA Light Wave, dan Cinema
4D.
Peranan animasi terutama animasi dalam dunia computer dan
peranan animator sebagai sang arsitek pendesain sebuah animasi. Dengan adanya
dukungan software animasi berbasis 3 dimensi ini, maka sutradara tidak perlu
lagi mendatangkan seorang aktris atau actor yang bayarannya mahal dalam
pembuatan film.misalnya cukup dengan mempunyai foto tampak samping dan tampak
depan maka wajah kita dapat kelihatan mirip dengan aslinya, dalam bentuk tiga
dimensi (3D).
Perkembangan
animasi seiring dengan perkembangan pertelevisian, pada awalnya diciptakanlah
animasi berbasis dua dimensi (2D Animation) Yakni objek yang dianimasi
mempunyai ukuran panjang (X-azis) dan ( Y-axis).Realisasi nyata dalam perkembangan
dua dimensi yang cukup revolusioner yakni film – film kartun. salah satu contoh
yang paling teknis yakni gambar yang dapat bergerak atau objek dari benda
tersebut.
2.
JENIS-JENIS ANIMASI
Animasi
sell ( Cell Animation)
Sel animasi biasanya merupakan
lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi
merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk
masing-masing objek yang bergerak secara mandiri di atas latar belakang.
Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar
kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan. Sebuah
frame terdiri dari sel latar belakang dan sel di atasnya. Misalnya seorang
animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar
lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran
berikutnya, selanjutnya membuat membuat karakter ketika kaki diangkat dan
akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran
(frame-frame) dapat disipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus.
Frame-frame yang digunakan untuk menyisipi celah-celah tersebut disebut
keyframe. Selain dengan keyframe proses dan terminology animasi sel dengan
layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
Berikut
adalah Contoh Gambar Animasi sel.
Karakter yang menggambarkan
Animasi sell adalah karakter kartun donald duck
Animasi Frame (Bingkai Animasi)
Animasi
bingkai adalah bentuk animasi yang sederhana. Diupamakan Andari mempunyai
sebuah Buku bergambar yang berseri di Tepi Auditan berurutan. Bila jempol
Andari membuka buku artikel baru cepat maka gambar kelihatan bergerak. Pada komputer
multimedia, animasi Buku tersebut menampilkan sebuah gambar yang berurutan
secara cepat, antara gambar satu (frame satu) gambar lain (bingkai Lain)
berbeda. Kalau kita bayangkan bagaimana Film ATB diputar di Bioskop, serangkaian
bingkai Bergerak melalui proyektor Film dengan kecepatan sekitar 24 frame per
Detik. Kita Bisa menangkap adanya gerak di layar karena setiap bingkai
mengandungsatu gambar yang tampil pada layar, begitu bingkai yang bersangkutan
muncul. Berikut adalah contoh gambar animasi
frame . Animasi Frame By Frame
Membuat Apel Jatuh Sederhana - Menggunakan Macromedia Flash
Karakter yang menggambarkan Animasi frame adalah
karakter kartun Naruto ketika mengeluarkan kekuatan dengan cepat
Animasi Sprite (Sprite Animasi)
Animasi sprite serupa Artikel Baru Teknik Animasi ATB, yaitu obyek Yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian Puncak Grafik Artikel Baru latar Belakang diam. Sprite adalah setiap bagian bahasa dari animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya Burung terbang, planet berotasi, bola memantul-mantul atau berputar logo. Sprite dapat dianimasikan dalam satu klien untuk membuka posisi, seperti halnya planet berputar atau Burung Bergerak Sepanjang Garis lurus.
Berikut adalah contoh gambar animasi sprite.
Berikut adalah contoh gambar animasi sprite.
Karakter yang
menggambarkan Animasi sprite
Animasi
path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang
sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang
bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan
animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu.
Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi
path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai
lintasan gerakan objek.
Berikut adalah contoh gambar animasi
Path. Animasi path adalah
animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah
ditentukan.
Karakter yang menggambarkan Animasi path adalah kartun Thomas, karena kereta api yang mengikuti jalur lintasan relnya
Animasi Spline ( Spline Animasi )
Spline
adalah representasi matematis dari kurva. Bila obyek bergerak, biasanya tidak
mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi computer
memungkinkan Anda untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan
berbentuk kurva. Untuk mendefinisikan animasi spline, posisi pertama Anda pada
sebuah titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak. Titik pijak
mendefinisikan awal dan akhir titik dari bagian kurva yang berbeda.
Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga memungkinkan Anda untuk
mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak. Sebagian besar program animasi
memungkinkan Anda untuk membuat variasi gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah
lintasan gerakan mempunyai belokan tajam, sebagai contoh sebuah obyek bergerak
pelan mengikuti belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati
belokan. Beberapa program menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang
lintasan secara canggih.
Berikut adalah contoh gambar dari animasi Spline
Karakter yang
menggambarkan Animasi path
Animasi Vektor (Vector Animasi)
Animasi
vektor serupa Artikel Baru animasi sprite. Pada animasi sprite menggunakan
bitmap untuk sprite, animasi vektor menggunakan rumus Matematika untuk
menggambarkan sprite. Rumus inisial serupa Artikel Baru yang rumus
menggambarkan kurva spline. Animasi vektor menjadikan objek bergerak Artikel
Baru SIBOR memvariasikan parameter Ujung-Pangkal, arahan Panjang pada segmen-segmen
garis yang menentukan objek. Macromedia adalah industri terdepan Dalam,
perangkat lunak animasi berbasis vektor. Perangkat lunak flash yang
dikembangkan Macromedia menggunakan vektor grafis untuk membuat animasi
interaktif serta grafis untuk digunakan di web.
Berikut adalah contoh
dari gambar animasi Vektor.
Animasi Clay ( Clay Animasi )
Animasi
ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan
boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakkan perlahan-lahan,
kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut difoto secara beruntun, setelah
proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu
sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh penerapan animasi ini
adalah pada film Chicken Run dari Teknik animasi inilah yang menjadi cikal
bakal animasi 3 Dimensi yang pembuatannya menggunakan alat bantu komputer.
Animasi Karakter (Character Animation)
Animasi
karakter merupakan sebuah cabang khusus animasi. Animasi karakter semacam yang
Anda lihat dalam film kartun. Animasi ni berbeda dengan animasi lainnya,
misalnya grafik bergerak animasi logo yang melibatkan bentuk organic yang
komplek dengan penggandan yang banyak, gerakan yang herarkis. Tidak hanya
mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak tetapi semua gerakan pada waktu yang
sama. Meskipun untuk membuat animasi tunggal dan bitmap mudah, tetapi untuk
membuat animasi karakter yang hidup dan meyakinkan merupakan sebuah seni yang
membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengerjaanya.
Berikut adalah contoh dari gambar animasi karakter
Komentar
Posting Komentar