ANIMASI

1. SEJARAH PERKEMBANGAN ANIMASI

          Kata animasi berasal dari kata animation yang berasal dari kata to anime yang artinya menghidupkan. Secara umum animasi adalah kegiatan menghidupkan, menggerakkan, benda mati dengan memberikan dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau berkesan hidup. Sedangkan menurut wikipedia animasi ialah paparan pantas susunan image-image seni 2D atau posisi model agar menghasilkan ilusi gerakan. animasi merupakan sejenis ilusi optik pergerakan disebabkan kejadian penerusan penglihatan, dan boleh dihasilkan dan didemonstrasi dalam sebagai cara.
          sebenarnya sejak jaman dulu, manusia telah mencoba menganimasi gerak gambar binatang mereka, seperti celeng, bison, atau kuda, digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang yang berbeda dan bertumpuk (Hallas and Manvell 1973). Orang Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di Eropa, berupa lembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri kanannya diikat seutas tali, bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978).
            Perkembangan animasi semenjak munculnya perkembangan pertelevisian yang pada awalnya animasi berbasis 2 dimensi dengan software-software pendukung yaitu Macromedia Flash, GIF Animation, dan Corel Rave, dengan dibuatnya film-film kartun sebagai implementasinya. Pembuatan animasi 2 dimensi menggunakan sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu. Sehingga hanya perlu menganimasikan objek antar keyframe tanpa harus membuat animasi frame demi frame seperti dalam pembuatan animasi gambar demi gambar pada pembuatan film kartun konvensional sedangkan frame-frame antar keyframe tersebut akan diterjemahkan sendiri oleh computer menjadi sebuah gerakan yang diinginkan oleh animator (pembuatnya).
            Seiring berjalannya waktu, sekarang perkembangan dunia animasi sudah diciptakan animasi berbasis 3 dimensi ( 3D Animation) yang mempunyai ukuran panjang,lebar,dan tinggi ( Z-axis) maka objek dan pergerakkannya hampir mendekati kenyataan aslinya. Hanya saja objek tersebut dibuat dunia maya (Virtual reality). 3D ini juga dilengkapi dengan software pendukungnya seperti MAX Studio, Alias Wave Front AMA Light Wave, dan Cinema 4D.
            Peranan animasi terutama animasi dalam dunia computer dan peranan animator sebagai sang arsitek pendesain sebuah animasi. Dengan adanya dukungan software animasi berbasis 3 dimensi ini, maka sutradara tidak perlu lagi mendatangkan seorang aktris atau actor yang bayarannya mahal dalam pembuatan film.misalnya cukup dengan mempunyai foto tampak samping dan tampak depan maka wajah kita dapat kelihatan mirip dengan aslinya, dalam bentuk tiga dimensi (3D).
Perkembangan animasi seiring dengan perkembangan pertelevisian, pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis dua dimensi (2D Animation) Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang (X-azis) dan ( Y-axis).Realisasi nyata dalam perkembangan dua dimensi yang cukup revolusioner yakni film – film kartun. salah satu contoh yang paling teknis yakni gambar yang dapat bergerak atau objek dari benda tersebut.


2. JENIS-JENIS ANIMASI


 Animasi sell ( Cell Animation)

Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing objek yang bergerak secara mandiri di atas latar belakang. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang dan sel di atasnya. Misalnya seorang animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran berikutnya, selanjutnya membuat membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk menyisipi celah-celah tersebut disebut keyframe. Selain dengan keyframe proses dan terminology animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
Berikut adalah Contoh Gambar Animasi sel.



Karakter yang menggambarkan Animasi sell adalah karakter kartun donald duck




 Animasi Frame (Bingkai Animasi)

Animasi bingkai adalah bentuk animasi yang sederhana. Diupamakan Andari mempunyai sebuah Buku bergambar yang berseri di Tepi Auditan berurutan. Bila jempol Andari membuka buku artikel baru cepat maka gambar kelihatan bergerak. Pada komputer multimedia, animasi Buku tersebut menampilkan sebuah gambar yang berurutan secara cepat, antara gambar satu (frame satu) gambar lain (bingkai Lain) berbeda. Kalau kita bayangkan bagaimana Film ATB diputar di Bioskop, serangkaian bingkai Bergerak melalui proyektor Film dengan kecepatan sekitar 24 frame per Detik. Kita Bisa menangkap adanya gerak di layar karena setiap bingkai mengandungsatu gambar yang tampil pada layar, begitu bingkai yang bersangkutan muncul. Berikut adalah contoh gambar animasi frame . Animasi Frame By Frame Membuat Apel Jatuh Sederhana - Menggunakan Macromedia Flash
Karakter yang menggambarkan Animasi frame adalah karakter kartun Naruto ketika mengeluarkan kekuatan dengan cepat




Animasi Sprite (Sprite Animasi)
Animasi sprite serupa Artikel Baru Teknik Animasi ATB, yaitu obyek Yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian Puncak Grafik Artikel Baru latar Belakang diam. Sprite adalah setiap bagian bahasa dari animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya Burung terbang, planet berotasi, bola memantul-mantul atau berputar logo.  Sprite dapat dianimasikan dalam satu klien untuk membuka posisi, seperti halnya planet berputar atau Burung Bergerak Sepanjang Garis lurus. 
Berikut adalah contoh gambar animasi sprite.
Karakter yang menggambarkan Animasi sprite


Animasi Path ( Path Animasi)

Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.

Berikut adalah contoh gambar animasi Path. Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan.


Karakter yang menggambarkan Animasi path adalah kartun Thomas, karena kereta api yang mengikuti jalur lintasan relnya

  


Animasi Spline ( Spline Animasi )
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila obyek bergerak, biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi computer memungkinkan Anda untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan berbentuk kurva. Untuk mendefinisikan animasi spline, posisi pertama Anda pada sebuah titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak. Titik pijak mendefinisikan awal dan akhir titik dari bagian kurva yang berbeda. Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga memungkinkan Anda untuk mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak. Sebagian besar program animasi memungkinkan Anda untuk membuat variasi gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerakan mempunyai belokan tajam, sebagai contoh sebuah obyek bergerak pelan mengikuti belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati belokan. Beberapa program menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang lintasan secara canggih.
Berikut adalah contoh gambar dari animasi Spline 




Karakter yang menggambarkan Animasi path
    



Animasi Vektor (Vector Animasi)

Animasi vektor serupa Artikel Baru animasi sprite. Pada animasi sprite menggunakan bitmap untuk sprite, animasi vektor menggunakan rumus Matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus inisial serupa Artikel Baru yang rumus menggambarkan kurva spline. Animasi vektor menjadikan objek bergerak Artikel Baru SIBOR memvariasikan parameter Ujung-Pangkal, arahan Panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan objek. Macromedia adalah industri terdepan Dalam, perangkat lunak animasi berbasis vektor. Perangkat lunak flash yang dikembangkan Macromedia menggunakan vektor grafis untuk membuat animasi interaktif serta grafis untuk digunakan di web.
Berikut adalah contoh dari gambar animasi Vektor.




Karakter yang menggambarkan animasi vector adalah scooby doo













  Animasi Clay ( Clay Animasi )

Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut difoto secara beruntun, setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh penerapan animasi ini adalah pada film Chicken Run dari Teknik animasi inilah yang menjadi cikal bakal animasi 3 Dimensi yang pembuatannya menggunakan alat bantu komputer.

Berikut adalah contoh dari gambar animasi clay.











Karakter yang menggambarkan animasi clay adalah Chicken Run






Animasi Karakter (Character Animation)
Animasi karakter merupakan sebuah cabang khusus animasi. Animasi karakter semacam yang Anda lihat dalam film kartun. Animasi ni berbeda dengan animasi lainnya, misalnya grafik bergerak animasi logo yang melibatkan bentuk organic yang komplek dengan penggandan yang banyak, gerakan yang herarkis. Tidak hanya mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak tetapi semua gerakan pada waktu yang sama. Meskipun untuk membuat animasi tunggal dan bitmap mudah, tetapi untuk membuat animasi karakter yang hidup dan meyakinkan merupakan sebuah seni yang membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengerjaanya. 



















Berikut adalah contoh dari gambar animasi karakter 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AUDIT TSI (TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI) PADA LINGKUNGAN PERSONAL INFORMATION SYSTEM

ASPEK-ASPEK AUDIT SISTEM INFORMASI